Kue Eclair Coklat Kering Dengan Vla Buah Segar



Bila sebelumnya kita membahas tentang kue kering yang umumnya ada di Indonesia, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat ke kering khas perancis yang cukup terkenal yaitu kue Eclair. Kue eclair ini pada dasarnya merupakan satu jenis dengan kue sus yaitu kue yang memiliki isian yang lembut dan berada ditengah kue. Namun, perbedaannya dengan kue sus adalah jika kue sus dibuat secara bulat pipih, namun kue eclair dibuat secara memanjang.

Kue Eclair Coklat Kering Dengan Vla Buah Segar


Kate eclair sendiri berasal dari bahasa perancis yang berarti kilatan petir. Dinamakan demikian karena kue ini terasa lembut dan lezat saat disantap dan biasanya akan dimakan dengan cepat. ntuk kue eclair ini, kita akan menambahkannya dengan vla buah yaitu dari buah ceri merah dan hijau dan ditambahkan kismis. untuk mengharumkan ditambahkan rum secukupnya.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu bisa baca resepnya berikut ini :

Bahan - bahan kue :
1. 60 gram tepung terigu
2. 15 gram coklat bubuk
3. 70 gram mentega
4. 2 butir telur ayam
5. 1 sdt gula pasir
6. 125 ml air

Bahan untuk topping / hiasan :
1. coklat masak putih yang telah dilelehkan dengan cara di tim secukupnya

Bahan - bahan vla buah :
1. 50 gram gula pasir
2. 250 ml susu cair
3. 20 gram tepung maizena
4. 1 kuning telur
5. rum
6. 20 gram kismis
7. 20 gram ceri hijau yang diiris tipis
8. 20 gram ceri merah yang diiris tipis

Cara Membuat Kue Eclair Coklat Kering Dengan Vla Buah Segar

1. siapkan wadah untuk mendidihkan air dan taruh diatas kompor dengan api sedang
2. Masukkan ke dalam wadah tersebut air, mentega dan gulapasir. aduk-aduk merata hingga mentega meleleh dan mendidih dan tercampur.
3. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah tersebut sedikit - demi sedikit sambil diaduk rata dan masukkan coklat bubuk dan aduk rata kembali setelah itu angkat wadah dari atas kompor.
4. biarkan adonan mendingin, setelah itu masukkan telur satu persatu ke dalam adonan tadi lalu aduk hingga merata.
5. siapkan kantong plastik segitiga untuk membuat kue, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan potong bagian ujung plastik segitig tersebut.
6. Siapkan loyang segi empat dan semprotkan adonan keatas loyang dan panggang dalam oven yang bersuhu kurang dari 200 derajat celcius selama 20 menit atau hingga matang.
7. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Setelah kue eclair telah selesai kita buat, selanjutnya adalah membuat isian vla buahnya.
1. siapkan wadah untuk mendidihkan. Masukkan susu cair dan gula pasir kemudian masak di atas api sedang dan aduk rata hingga tercampur.
2. Ambil sepertiga bagian campuran susu tadi dan masukkan kedalam wadah dan campur dengan kuning telur. Setelah itu aduk rata adonan dan campurkan kembali kedalam campuran susu cair tadi dan masak hingga matang.
3. Setelah matang, angkat dan tambahkan rum dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

Setelah vla buah selesai kita buat, kemudian kita potongkue eclair yang telah dipanggang tadi dari sisi samping dan usahakan jangan sampai terputus. Isi belahan kue dengan vla, taburi dengan kismis dan buah ceri. Setelah itu tutupkue dengan potongan atas kue dan berikan bagian atas kue dengan coklat putih yang telah dilelehkan.

Sajikan kue saat santai bersama keluarga maupun saat kumpul bersama dengan teman. terimakasih telah menbaca resep mengenai Kue Eclair coklat kering dengan vla buah segar ini dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: