Resep Membuat Kue Kering Jeruk Yang Segar



Resep Membuat Kue Kering Jeruk Yang Segar.  Kue kering jeruk adalah camilan yang cukup enak dan segar bila kita cicipi saat ada waktu santai. Kue ini umumnya mudah kita temui di pasar tradisional yang membuat kue - kue kering. Kue kering ini meski namanya adalah kue kering jeruk, namun tidak menggunakan buah jeruk utk sebagai bahan dasar kue, namun sebagai penggantinya mengunakan esens jeruk yang tentu saja dapat memberikan cita rasa buah jeruk di kue kering yang kita buat ini. Untuk bentuk kue ini, sengaja dibuat bentuk setengah lingkaran sehingga mirip dengan buah jeruk yang sedang dibelah dan pada toping atau hiasan kue menggunakan gula icing yang dihias agar permukaan kue mirip seperti buah jeruk yang telah dibelah.

Resep Membuat Kue Kering Jeruk Yang Segar


Bentuknya yang unik dan rasanya yang segar tentu saja akan membuat anda merasa ketagihan saat pertama kali mencicipi kue kering ini. Untuk membuatnya pun sangatlah mudah, anda pasti bisa membuatnya. Untuk lebih jelas, simak resepnya berikut ini :

Bahan - bahan
1. 375 g tepung terigu
2. 25 g tepung maizena
3. 250 g mentega
4. 125 g gula halus
5. 20 g susu bubuk
6. 2 kuning telur
7. 1 sendok teh baking powder
8. 1 sendok teh esens rasa jeruk
9. 50 g kacang tanah sanggrai yang telah dihaluskan

Bahan untuk hiasan topping
1. 100 g gula halus
2. Pewarna makanan merah jambu
3. 1 putih telur
4. 1/2 sendok teh cuka masak
5. Gula gula warna - warni

Cara Membuat Kue Kering Jeruk Yang Segar


1. Masukkan ke dalam wadah yaitu mentega dan gula halus kemudian dikocok selama 1 menit hingga tercampur rata.
2. Setelah itu masukkan kuing telur dan kocok campuran tersebut kembali hingga merata
3. Setelah merata,sambil diayak, masukkan terigu, maizea, susu bubuk maupun baking powder ke dalam campuran telur tadi dan aduk pelan - pelan hingga merata dan masukkan pula kacang sangrai yang telah dihaluskan dan aduk kembali agar kacang merata dnegan adonan.
4. Ambil adonan kue, kemudian giling adonan hingga diperoleh ketebalan sekitar 3mm dan cetak berbentuk setengah lingkaran atau sesuai dengan selera.
5. Buat keratin untuk di bagian atas kue dandan oleh dengan kuning telur yang telah di kocok.
6. Panggang kue dalam oven yang bersuhu 140 derajat celcius selama 35 menit hingga kue matang.

Sambil menunggu kue matang, kita buat dahulu gula icinngnya, perhatikan caranya berikut :
1. Masukkan putih telur dalam wadah dan kocok hinga berbusa dan masukkan gula halus ke dalam kocokan telur tersebut sedikit demi sedikit sambil dikocok pelan agar gula merata.
2. Setelah itu tambahkan cuka masak dan masukkan 2 tetes pewara makanan yan berwarna merah jambu ke dalam kocokan telur dan aduk hingga merata kembali.
3. Setelah kue kering matang, keluarkan dari oven dan celupkan bagian kue yang kering tadi ke dalam icing yang tadi kita buat dan taburi dengan gula warna warni di bagian atasnya.
4. Kue kering jeruk ini pun siap disajikan dan dinikmati bersama.

Semoga info mengenai resep membuat kue kering jeruk yang segar ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates: