Resep Rahasia Membuat Kue Kering Ladrang Ubi Ungu



Resep Rahasia Membuat Kue Kering Ladrang Ubi Ungu . Kue kering ladrang adalah jajanan kue kering khas kota banyuwangi. Kue ini terbuat dari ubi ungu yang telah dikukus dan campurkan dengan tepung kanji dan bahan lain sehingga menjadi gurih dan renyah. Kue kering ini tidak dipanggang akan tetapi digoreng dalam minyak panas sehingga jika anda belum punya oven dirumah, tentu tidak akan kesulitan dalam membuat jajanan tradisional ini. Warnanya yang ungu dan rasanya yang cukup manis dan gurih tentu sangat menggugah selera.

Resep Rahasia Membuat Kue Kering Ladrang Ubi Ungu

Proses pembuatannya pun sangatlah mudah, jika anda ingin membuatnya, pasti bisa melakukannya dirumah terlebih lagi jika ada waktu senggang, tentu alangkah bermanfaatnya jika digunakan untuk membuat jajanan ini dirumah. Selain bisa untuk membahagiakan keluarga, juga menjaga kuliner warisan bangsa kita. Berikut ini adalah resep pembuatannya :

Bahan - bahan
1. 1 kg ubi jalar
2. 250 g tepung kanji
3. 1 butir telur
4. Gula pasir secukupnya
5. Minyak untuk menggoreng, secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Ladrang Ubi Ungu

Berikut ini adalah cara pembuatannya :
1. Cuci bersih ubi ungu tersebut, kupas kulitnya dan kukus hingga matang dan lunak.
2. Setelah matang, ambil ubi dan hancurkan ubi yang telah dikukus tadi dengan cara ditekan - tekan agar ubi menjadi agak hancur/ lumat.
3. Siapkan wadah dan masukkan telur dan gula ke dalam wadah dan kocok agar merata
4. Setelah itu masukkan ubi ungu yang telah dihancurkan tadi ke dalam kocokan telur dan aduk kembali dengan pelan - pelan hingga adonan merata.
5. Kemudian masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalam adonan kue sambil diaduk pelan - pelan atau diuleni hingga adonan menjadi kalis.
6. Ambil adonan dan cetak dalam cetakan ladrang atau menggunakan cetakan lainnya yang berukuran kecil.
7. Goreng adonan kue yang telah dicetak tadi dalam minyak panas hingga kue menjadi matang
8. angkat dan sajikan untuk keluarga atau di masukkan dalam toples agar lebih tahan lama.

Mengkonsumsi dan membuat jajanan tradisional sangatlah bagus, karena bahan yang digunakan terjamin dan kita pun telah turut serta dalam melestarikan kuliner lokal. Demikian info mengenai resep rahasia membuat kue kering ladrang ubi ungu ini dan selamat mencobanya di rumah.

Subscribe to receive free email updates: