Resep Membuat Kue Kering Donat Warna Warni



Resep Membuat Kue Kering Donat Warna Warni . Donat merupakan salah satu kuliner luar negeri yang snagat terkeal di dunia. Keu yang bertekstur lembut dan bolong di tengahnya ini menjadi salah satu camilan yang paling disukai oleh hampir semua kalangan umur. Untuk sejarahnya, donat memiliki banyak versi untuk asal usul terciptanya kue ini. Ada yang mengatakan donat merupakan hasil buatan seorang imigran asal belanda yang menetap di Amerika dan ada pula yang mengatakan bahwa donat hasil inspirasi dari kapten kapal denmark.

Resep Membuat Kue Kering Donat Warna Warni

Untuk sejarah masuknya kue ini ke indonesia, diduga dimulai dari gerai  American Donut yang mulai memperkenalkan kue ini di Jakarta saat pameran pekan raya jakarta tahun 1968. Sejak tahun itu, kue donat mulai terkenal di Indonesia dan banyak varian yang dibuatnya. Mengenai donat, pada kali ini kita akan membuat donat yang berwarna - warni. Utuk warna warni nya berasal dari coklat warna warno yang kita celupkan di permukaan atas kue donat yang berfungsi sebagai topping kue. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak resepnya berikut :

Bahan - bahan
1. 500 g tepung terigu
2. 4 sendok makan gula pasir
3. 2 sendok teh garam
4. 3 sendok makan mentega
5. 2 butir telur
6. 3 sendok makan susu bubuk
7. 11 g ragi instan
8. Coklat masak beraneka warna

Cara Membuat Kue Kering Donat Warna - Warni

Berikut ini adalah cara membuatnya:
1. Siapkan wadah dan masukkan telur kedalam wadah tersebut dan kocok hingga lembut menggunakan sendok makan.
2. Setelah itu masukan susu, garam, gula dan tepung terigu, kemudian adonan dikocok hingga merata
3. Siapkan ragi dan campirkan dengan sedikit air matang dan aduk rata, setelah itu masukkan ke dalam adonan kue donat dan aduk hingga semua bahan tercampur merata
4. Aduk adonan dengan menggunakan tangan atau di uleni dan tambahkan air hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk
5. Setelah kalis, diamkan adonan selama 20 menit dalam wadah tertutup rapat hingga adonan mengembang.
6. Setelah adonan mengembang, ambil 1 sendok makan adonan dan taruh dalam wadah yang telah ditaburi tepung terigu dan diamkan kembali selama 20 menit hingga mengembang.
7. Apabila adoanan kue sudah mengembang, panaskan minyak goreng dlaam wajan menggunakan api kecil dan lubangi bagian tengah adonan dan goreng dalam minyak panas tersebut.
8. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan.
9. Lelehkan coklat masak tersebut dengan cara di tim dan celupkan donat yang telah digoreng ke dalam coklat leleh tersebut.Angkat dan biarkan hingga dingin
10. Sajikan untuk teman - teman atau keluarga tercinta.

Demikian resep membuat kue kering donat warna warni tersebut, sangat mudah sekali bukan untuk membuatnya ? Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: