Resep Membuat Kue Kering Bunga Ketan Hitam Yang Legit



Resep Membuat Kue Kering Bunga Ketan Hitam Yang Legit. Berbagai jenis vasian kue kering yang ditawarkan penjual dnegan mudah kita temui di pasar - pasar tradisional maupun di pasa modern, terutama saat menjelang hari perayaan idel fitri atau lebaran, umumnya kita mudah menemui berbagai jenis varian kue kering ini. Salah satu jenisk ue kering yang menarik untuk disimak adalah kue kering bungaketan hitam. Kue kering ini agak berbeda dari kue kering yang lain, karena bahan dasarnya yang umumnya menggunakan tepung terigu, pada kue bunga ketan ini menggunakan tepung ketan baik tepung ketan hitam maupun putih.

Resep Membuat Kue Kering Bunga Ketan Hitam Yang Legit

Untuk memperoleh tepung ketan ini, bisa ditemukan di toko tradisional atau pun di supermarket terdekat di kota anda. Rasa kue ini gak legit namun enak dimakan karena menggunakan tepung ketan sebagai bahan dasarnya. Bila kamu tertarik untuk membuatnya, silahkan disimak resepnya berikut ini :

Bahan - bahan
1. 150 g tepung ketan hitam
2. 75 g tepung ketan putih
3. 50 g susu bubuk
4. 100 g mentega
5. 50 g margarin
6. 150 g gula halus
7. 1/4 sdt garam
8. 1/2 sdt vanilla bubuk
9. 1 kuning telur

Bahan untuk hiasan
1. 50 g coklat masak berwarna putih yang dilelehkan
2. permen trimit secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Bunga Ketan Hitam Yang Legit

Cara pembuatannya cukup mudah, perhatikan langkahnya berikut :
1. Siapkan wadah dan masukkan mentega, margarin, gula, garam dan vanilli ke dalam wadah dan kocok hingga halus dan lembut.
2. Setelah itu masukkan kuing telur ke dalam campuran bahan tadi dan kocok sebentar hingga merata.
3. Setelah adonan merata, masukkan tepung ketan secara perlahan dan susu bubuk sedikit demi sedikit dan aduk perlahan hingga semua bahan tercampur merata dan kalis.
4. Ambil adonan dan pipihkan atau giling hingga pipih dan cetak menggunakan cetakan kue berbentuk bunga dan beri lubang kecil pada bagian tengah adonan.
5. siapkan loyang dan masukkan adonan yang telah dicetak tadi ke dalam loyang dan tata hinga merata.
6. Setelah itu panggang kue dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama 15 menit hingga kue menjadi matang.
7. angkat kue dan biarkan hingga mendingin.
8. Tata kue dalam wadah saji berbentuk datar dan ambil coklat leleh berwarna putih tadi dan kita tuang ke dalam lubang kecil di kue.
9. Tempelkan atau taruh permen trimit di atas coklat leleh tadi dan biarkan agar coklat mengeras.
10. Sajikan kue.

Terimakasih telah membaca info mengenai resep membuat kue kering bunga ketan hitam yang legit ini dan selamat mencoba di rumah.

Subscribe to receive free email updates: