Resep Mudah Membuat Kue Kering Batik Yang Legit



Resep Mudah Membuat Kue Kering Batik Yang Legit . Banyak sekali kue atau jajanan tradisional yang dengan mudah kita temui di pasaran. Salah satunya adalah kue kering tradisional kue batik. Kue ini berbahan dasar menggunakan teoung terigu namun dalam pembuatannya ditambah bahan - bahan lain dan pasta coklat. Cara pembuatannya pun memang agak sedikit ribet karena harus menyusun bagian adonan yang berwarna coklat yang telah diberi pasta coklat dengan adonan tanpa pasta coklat yang berwarna agak putih.

Resep Mudah Membuat Kue Kering Batik Yang Legit

Namun pada dasarnya tetap mudah untuk dibuat dan proses pemanggangannya pun hany sekitar 20 menit saja. Jika kamu tertarik untuk membuat kue ini, bisa langsung mencoba resep berikut :

Bahan - bahan
1. 350 g tepung terigu yang memiliki kadar protein rendah.
2. 30 g tepung jagung atau maizena
3. 150 g mentega
4. 50 g margarin
5. 150 g gula halus berbentuk tepung
6. 100 g kacang mede yang telah disanggrai dan dihaluskan menjadi bubuk
7. 20 g susu bubuk
8. 1 butir telur
9. 1 kuning telur
10. 1 sdt baking powder
11. 1/4 sdt garam
12. 1/2 sdt spekuk
13. 1/8 sdt pasta coklat
13. gula palem secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Batik Yang Legit

Perhatikan dengan seksama cara membuat kue ini :
1. Siapkan sebuah wadah dan masukkan bahan - bahan seperti gula palem, mentega, margarin, gula tepung dan garam ke dalam wadah dan kocok halus selama 2 menit hingga merata.
2. Setelah itu masukkan ke dalam wadah tersebut berupa kacang mede bubuk, tepung maizena, terigu, suus bubuk, spekuk dan baking soda sambil diayak di dimasukkan ke dalam campuran tadi dan aduk hingga merata.
3. Bagi adonan emnjadi 2 bagian sama besar. Ambil satu bagian adonan tadi, dan tambahkan dengan pasta coklat dan aduk rata.
4. Setelah itu, bagi menjadi 2 bagian masing masing adonan tersebut sehingga kita mendapatkan 2 bagian adonan berwarna putih dan 2 bagian adonan berwarna coklat.
5. ambil 1 bagian adonan warna putih dan 1 bagian adonan warna coklat dan gulung masing - masing adonan agar menjadi tipis dengan ketebalan sekitar 3 mm.
6. Potong masing- masing adonan tadi menjadi 2 bagian sama besar dan tumpuk selang seling hingga didapatkan 4 lapisan. Setelah itu bekukan.
7.  Setelah beku, potong - potong adonan selebar 1 cm dan buat menjadi 7 baris.
8. Setelah itu, putar adonan baris ke 2, 4 dan 6 agar menghadap ke atas dan rapatkan satu sama lainnya sehingga di dapatkan dua adonan.
9. Tata lagi satu lapisan adonan kue di bagian lapisan pertama dan rapatkan. Setelah itu bekukan kembali.
10. Ambil adonan berwarna putih tadi, giling adonan tersebut hingga didapatkan tebal 1 cm dan bagi menjadi 2 bagian sama besar.
11. Kemudian, letakkan adonan coklat yang telah diberi pasta dan sudah digiling tadi di atas bagian adonan berwarna putih dan tumpuk adonan putih di bagian atasnya, setelah itu bekukan kembali.
12. setelah beku, ambil adonan dan bagi menjadi 2 bagian lagi dan letakkan adonan yang sudah ditumpuk - tumpuk diatas satu bagian adonan yang lainnya dan terakhir tutup adonan dengan sisa adonan yang ada.
13. Setelah itu adonan dibekukan kembali dan setelah beku, potong - potong adonan dengan tebal 5mm dan letakkan di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin.
14. Masukkan ke dlaam oven dengan suhu 140 derajat celcius selama 20 menit hingga kue menjadi matang.
15. Setelah matang, angkat dan sajikan untuk keluarga tercinta..

Demikian info yang kami sajikan mengenai resep mudah membuat kue kering batik yang legit ini dan selamat berkreasi di rumah anda .

Subscribe to receive free email updates: