Resep Membuat Kue Bolu Karamel Kering Sarang Semut



Resep Membuat Kue Bolu Karamel Kering Sarang Semut . Bagi anda pecinta kue bolu tentu tidak akan melewatkan mencicipi kue bolu yang satu ini yaitu kue bolu karamel kering sarang semut. Kue bolu ini masih cukup banyak kita temui di pasar - pasar kue tradisional  dan memiliki banyak penggemar, tidak hanya di pulau jawa saja namun di luar pulau jawa seperti kalimantan maupun sulawesi telah banyak yang membuat kue bolu yang satu ini. Kue bolu karamel kering sarang semut umumnya di sajikan saat ada acara besar seperti acara sunatan, pesta perkawinan maupun acara hari raya besar seperti hari raya lebaran.

Resep Membuat Kue Bolu Karamel Kering Sarang Semut

Tahukah kamu, bahwa kue bolu jenis ini selain di dalam negeri, di negara tetangga juga sudah banyak peminatnya loh?.Mengenai namanya sarang semut, kemungkinan besar karena kue ini berkaramel dan memiliki rongga - rongga udara yang cukup banyak di dalam kuenya sehingga sangat mirip dengan sarang semut saat dibelah, meski dalam pembuatannya kue ini sama sekali tidak pernah menggunakan  sarang semuat sebagai bahan dasar pembuatan kue. hehehee..

Untuk lebih jelasnya,silahkan disimak resepnya berikut ini :

bahan - bahan
1. 180 g tepung terigu yang telah diayak
2. 50 g tepung jagung atau maizena
3. 150 g margarin
4. 425 g gula pasir
5. 200 ml susu kental manis
6. 8 butir telur
7. 2 sdt soda kue
8. 450 ml air panas

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Kering Sarang Semut

Perhatikan cara pembuatannya berikut ini :
1. Pertama tama kita buat karamelnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara memasukkan gula pasir ke dalam wajan dan masukkan air panas ke dalam tersebut. Masak dengan api kecil dan aduk - aduk hingga larut.
2. Setelah larut, angkat dan bisarkan hingga karamel menjadi lebih mendingin.
3. Siapkan wadah, masukan ke dalam wadah, yaitu margarin, susu kental manis, dan kocok dengan mixer hingga berwarna putih dan tercampur rata.
4. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan mixer hingga adonan mengembang. setelah itu matikan mixer tersebut.
5. Kemudian, masukkan tepung terigu, dan soda kue ke dalam adonan dan aduk dengan pelan - pelan hingga tercampur merata kemudian ditambahkan maizena dan aduk kembali hingga rata.
6. Tambahkan karamel yang tadi telah kita buat ke dalam adonan kue sedikit demi sedikit hingga adonan berwarna agak coklat karena karamel tadi.
7. siapkan loyang untuk memanggang kue, olesi dengan margarin dan taburi sedikit dengan tepung dan masukkan adonan kue bolu tadi ke dalam loyang tersebut.
8. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang kue selama 40 menit hingga matang pada suhu 140 derajat celcius.
9. Setelah matang, angkat, potong- potong sesuai selera dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Kue bolu ini mungkin agak terasa cukup manis karena menggunakan gula yang dijadikan karamel dan susu kental manis namun akan sangat nikmat bisa disajikan dengan teh hangat tawar. Demikian info dari kami mengenai resep membuat kue bolu karamel kering sarang semut ini dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

Subscribe to receive free email updates: