Resep Membuat Kue Gabus Manis Kering



Resep Membuat Kue Gabus Manis Kering . Kue gabus atau sering disebut sebagai kue telur gabus merupakan salah satu jajanan tradisional yang umumnya di banyak dijual di pasar kue tradisional. Bentuk kue ini memang mirip dengan telur ikan gabus sehingga dari bentuknya kita mengenalnya sebagai kue telur ikan gabus, meski dalam pembuatannya sama sekali tidak menggunakan telur ikan gabus. Kue ini umumnya sering disajikan dalam acara besar seperti acara keagamaan seperti saat acara lebaran dan sebagainya. Untuk rasa dari kue ini biasanya ada dua jenis, yaitu yang berasa manis dan yang gurih. Untuk yang manis, menggunakan gula aren sebagai baluran kuenya sedangkan yang gurih menggunakan keju.

Resep Membuat Kue Gabus Manis Kering


Pada pembahasan kali ini, kita membahas mengenai kue telur gabus manis yang menggunakan lelehan gula  aren yang memberikan rasa manis pada kue kering ini. Cara pembuatannya pun cukup mudah, silahkan dilihat caranya berikut ini :

Bahan - bahan
1. 500 g tepung kanji
2. 300 g gula aren
3. 500 ml minyak goreng
4.  4 butir putih telur
5.  10 g biji wijen
6. 1 sendok teh vanilla bubuk
7. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Gabus Manis Kering


1. Siapkan wadah, masukkan tepung kanji, putih telur, garam dan vanilla kemudian uleni sampai adonan menjadi rata dan kalis.
2. Ambil adonan sedikit menggunakan tangan dan bentuk menjadi bulat memanjang seperti telur gabus dan celupkan ke dalam minyak goreng dingin
3. lakukan hal tersebut hingga adonan menjadi habis dibentuk.
4.  Panaskan minyak goreng dan goreng adonan yang telah direndam dalam minyak dingin tadi. Goreng hingga berwarna agak kecoklatan atau hingga matang.
5. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
6. Lelehkan gula aren dan celupkan kue telur gabus ke dalam lelehan gula aren.
7. Angkat kue telur gabus dan taburi dengan biji wijen secukupnya.
8. Sajikan untuk keluarga tercinta.

Demikan info mengenai resep membuat kue gabus manis kering yang kami buat untuk anda, selamat berkreasi dan selamat menikmati.

Subscribe to receive free email updates: