Rahasia Resep Membuat Kue Tambang Goreng Kering Yang Lezat



Rahasia Resep Membuat Kue Tambang Goreng Kering Yang Lezat .apakah diantara kalian ada yang pernah mendengar kue tradisional yang dinamakan dnegan kue tambang ? mungkin ada yang pernah mendengar, melihat, atau mencicipinya bukan?. Yap, kue yang satu ini dinamakan kue tambang karena bentuknya mirip dengan tambang jemuran karena kue ini saling diutir atau dililit mirip dengan tambang jemuran, namun panjangnya tentu saja tidak sama panjang dengan tambang jemuran..heheeee..

Rahasia Resep Membuat Kue Tambang Goreng Kering Yang Lezat


Kue tambang atau banyak yang menyebutnya sebagai kue utir-utir ini memang menjadi ciri khas apabila ada perayaan besar seperti hari pernikahan, hari lebaran atau acara lainnya. Namun saat ini untuk memperolehnya mungkin cukup sulit karena biasanya dijual di toko kue tradisional. Jika anda ingin mencicipi kue ini, anda juga bisa dengan mudah membuat kue ini dirumah. Untuk jelasnya bisa disimak berikut :

Bahan - bahan
1. 300 g tepung terigu
2. 100 g gula pasir
3. 60 g margarin
4. 1/4 sendok teh baking powder
5. 1/2 sendok teh gram
6. 1/4 sendok teh soda kue
7. 2 butir telur ayam
8. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Tambang Goreng Kering Yang Lezat


Cara pembuatan kue ini sangat mudah, perhatikan langkah berikut :
1. siapkan wadah bersih, masukkan tepung terigu, baking powder, maupun soda kue dan aduk rata setelah itu diayak hingga didapatkan campuran yang halus.
2. Setelah itu, masukkan gula pasir, margarin ke dlam campuran tepung terigu dan aduk kembali hingga merata.
3. Setelah rata, masukkan garam, telur dan aduk kembali hingga rata dengan cara diuleni agar adonan menjadi kalis dan biarkan adonan selama 20 menit dalam wadah yang ditutup rapat agar adonan mengembang dengan sendirinya.
4. Ambil adonan kue tersebut sebanyak 1 sendok makan dan giling memanjang, kemudian dilipat menjadi dua bagian kemudian diutir atau dililit seperti bentuk tambang dan dijepit pada ujungnya agar lilitan tidak terlepas.
5. Lakukan hal yang sama hingga adonan kue telah habis dibentuk seperti bentuk tambang.
6. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng kue dan panaskan. Setelah minyak panas, goreng kue tambang agar menjadi berwarna kecoklatan atau hingga matang.
7. angkat dan tiriskan kue.
8. sajikan untuk keluarga tercinta di rumah

Kue tambang ini cukup renyah  dikonsumsi. Untuk menjaga agar tetap renyah, sebaiknya kue disimpan dalam wadah toples yang ditutup rapat dan bisa disajikan kembali saat waktu luang bersama keluarga. Terimakasih telah berkunjung di blog kami yang membahas mengenai rahasia resep membuat kue tambang goreng kering yang lezat ini dan semoga bermanfaat untuk semua.

Subscribe to receive free email updates: