Resep Membuat Kue Kering Isi Wortel



Resep Membuat Kue Kering Isi Wortel. Wortel merupakan sayuran yang kaya manfaat, selain tinggi dengan kadar vitamin a, sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, wortel juga mengandung cukup banyak vitamin c sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk menjadi daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Meskipun cukup banyak manfaat dari wortel tersebut, namun bagi anak - anak, mungkin agak sulit untuk mengkonsumsinya secara langsung baik itu sebagai jus, maupun sebagai lauk sayur yang dihidnagkan untuk mereka. Sebagai alternatifnya agar mereka senang dengan wortel, yaitu kita membuat kue kering yang berbahan dasar wortel.
Kue Kering Isi Wortel
 Penggunaan wortel dalam bahan pembuatan kue, tentu tidak akan merusak cita rasa kue tersebut, namun justru akan membuat kue terasa lebih enak dan lezat. Akan sangat baik diaplikasikan jika anda memiliki buah hati yang sulit memakan sayuran terutama wortel. Pada pembahasan kali ini kita akan menggunakan wortel sebagai isian kue kering pengganti nanas. Rasanya enak dan tidak kalah dengan selai yang biasa kita gunakan. Penasaran ? Berikut ini resepnya !

Bahan selai wortel
1. 300 g wortel yang telah diparut halus
2. 50 g gula pasir
3. 5 cm kayu manis
4. 1/4 sdt garam
5. 1/2 sdt air jeruk lemon

Bahan untuk kulit kue
1. 150 g tepung terigu
2. 25 g tepung maizena
3. 20 g susu bubuk
4. 150 g margarin
5. 30 g gula palem
6. 1 kuning telur

Bahan untuk olesan dan taburan kue
1. 1 kuning telur
2. 10 g biji wijen

Cara Membuat Kue Kering Isi Wortel

Sebelum kita membuat kulit kue, sebaiknya kita terlebih dahulu membuat selai wortel untuk isian kue kering ini, perhatikan caranya berikut :
1. Siapkan wajan, dan tumis wortel, dan masukkan juga kayu manis, garam, gula, dan air jeruk nipis dan aduk hinga semua bahan tercampur dan mengering membentuk selai. Sisihkan

Setelah selai selesai kita buat, selanjutnya adalah membentuk kulit kuenya, perhatikan berikut ini :
1. Mauskkan ke dalam wadah, yaitu gula palem, dan margarin, kemudian kocok bahan tersebut selama 1 menit hingga tercampur rata.
2. Selanjutnya, tambahkan kuning telur lalu kocok hingga rata kembali.
3. Ayak campuran tepung terigu, susu bubuk maupun maizena dan masukkan hasil ayakan tersebut ke dalam campuran bahan tadi dan aduk hingga merata kembali.
4. Ambil adonan secukupnya, bentuk agak membulat kemudian pipihkan dan masukkan selai wortel yang tadi kita buat di tengah adonan dan bentuk kembali adonan menjadi bulat pipih.
5. Masukkan semua adonan yang telah dibentuk tersebut ke dalam loyang yang telah diolesi dengan margarin
6. Sebelum dipanggang, olesi bagian permukaan kue dnegan kuning telur dan taburi bagian atasnya dengan biji wijen.
7. Panggang kue dalam oven yang bersuhu sekitar 150 derajat celcius dan panggang selama 25 menit hingga kue menjadi matang.
8. Setelang matang, angkat, dan sajikan untuk dapat dinikmati bersama.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca tentang resep membuat kue kering isi wortel ini dan selamat mencobanya di rumah. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: