Resep Membuat Kue Kering Keciput Yang Gurih



Resep Membuat Kue Kering Keciput Yang Gurih . Mungkin diantara kamu ada yang sering melihat kue kering ini tapi tidak tahu namanya. Kue keciput sangat mirip dnegan kue onde - onde, namum memiliki ukuran yang lebih kecil dan ditaburi biji wijen pada seluruh permukaan kue tersebut. Proses membuatnya pun tidak dipanggang, melainkan di goreng. Kue kering tradisional ini berasal dari daerah Jepara, jawa tengah dan saat ini telah menjadi salah satu kue kering favorit masyarakat perkotaan.

Resep Membuat Kue Kering Keciput Yang Gurih

Kue keciput umumnya dapat dengan mudah temui penjualnya dipinggir jalan dengan jajanan khas lainnya yaitu kue pisang molen. Proses pembuatannya yang mudah dan rasanya yang gurih bisa menjadi kue ini menjadi pilihan anda dalam mencari camilan ringan. Berikut ini adalah resep pembuatannya.

Bahan - bahan
1. 200 g tepung ketan
2. 120 ml dantan kelapa yang kental
3. 250 g biji wijen
4. 4 sdm gula pasir
5. 1 sdt garam
6. 1 butir telur
7. 1 kuning telur
8. 1/2 sdt soda kue
9. 1/2 sdt baking powder
10. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Keciput Yang Gurih


1. Siapkan wadah yang bersih dan masukkan telur, gula dan luning telur kemudian dikocok agar semua bahan ini tercampur menjadi rata.
2. Setelah itu, masukkan santan kental dan garam dan aduk kembali adonan kue agar merata.
3. Ayak campuran tepung ketan, soda kue dan baking powder sehingga di dapatkan campuran yang halus dan masukkan sampuran tersebut ke dalam adonan kue sambil diaduk dengan perlahan dan merata.
4. ambil adonan sedikit menggunakan sendok teh dan bentuk menjadi bulat - bulat kecil dan gulingkan adonan tersebut di wijen sehingga seluruh permukaan adonan berbentuk bulat tersebut dipenuhi dengan wijen.
5. lakukan hal yang sama hingga semua adonan menjadi habis dibentuk.
6. Setelah itu, siapkan wajan untuk menggoreng dan masukkan miyak goreng ke dalam wajan dan panaskandiatas kompor.
7. Setelah minyak panas, masukkan bulatan - bulatan kue keciput ke dalam minyak panas dan goreng hingga kue menjadi matang dan mengapung.
8. angkat kue dan tiriskan. Setelah itu kue siap untuk dinikmati bersama.

Demikian info dari kami mengenai resep membuat kue kering keciput yang gurih ini dan selamat mencobanya di rumah.

Subscribe to receive free email updates: