Resep Membuat Kue Kering Berrylicious Macaron Yang Renyah



Resep Membuat Kue Kering Berrylicious Macaron Yang Renyah.  apakah anda pernah mendengar atau mencicipi kue macaroon ?..ya, kue ini sekarang sedang naik daun, karena ke khasnnya. Kue macaroon ini pun bukan terbuat dari makaroni ya..hehehe. Kue macaron ini berasal dari perancis. Kue ini sudah cukup lama terkenal di sana dan saat ini penyuka kue jenis ini sudah cukup banyak. Meski ini tergolong kue kering kerena proses pembuatannya dipanggang, namun dalam pembuatnnya sama sekali tidak menggunakan berbagai jenis tepung loh, baik itu tepung terigu, maizena dan sebagainya.

Resep Membuat Kue Kering Berrylicious Macaron Yang Renyah

Kue ini memiliki bentuk bulat bundar agak pipih dengan bagian isis ditengahnya. Ciri khas dari kue ini yaitu menggunakan almond bubuk dan dipanggang tidak sampai terlalu kering seperti kue kering pada umumnya, sehingga bila dimakan akan terasa renyah diluar namun agak lumer di bagian dalam kue.

Untuk membuat kue ini memang harus sedikit detail dan teliti agar nanti didapatkan hasil yang sempurna. Untuk beberapa jenis gula yang dipakai memang agak terkesan baru di dengar, yaitu gula icing dan gula kastrol. Kedua jenis gula ini dapat dnegan mudah anda beli di toko yang menjual bahan - bahan untuk membuat kue. Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak resepnya berikut ini:

Bahan - bahan
1. 100 g kacang almond bubuk
2. 100 g gula icing yang tidak mudah menggumpal
3. 2 putih telur
4. 200 g gula kastrol atau caster sugar
5. pewarna makanan berwarna ungu
6. 25 g selai blueberry

Bahan olesan kue
1. 100 g coklat masak berwarna putih
2. 2 sdm krim kocok

Cara Membuat Kue Kering Berrylicious Macaron Yang Renyah


1. masukkan gula icing dan kacang almond halus dalam chopper atau blender untuk menghaluskan makanan, kemudian di haluskan dalam chopper tersebut dan diayak.
2. Langkah selanjutnya yaitu mentim putih telur dan gula kastrol dengan cara mendidihkan air dalam panci dan kita siapkan wadah tahan panas seperti mangkuk tahan panas. Setelah air mendidih, masukkan wadah tahan panas tersebut di atas air mendidih dan masukkan putih telur dan gula kastrol ke dalam wadah tersebut. Aduk hingga gula larut dan putih telur menjadi panas, namun putih telur tidak menjadi matang. Setelah itu diangkat.
3. Masukkan pewarna makanan berwarna ungu ke dalam campuran gula dan telur tadi dan kocok menggunakan mixer sehingga adonan menjadi kaku.
4. Setelah itu, masukkan campuran kangang almond - gula icing yang telah di ayak tadi ke dalam adonan kue dan aduk searah hingga semua bahan tercampur rata dan berbentuk gumpalan.
5. siapkan loyang dan lapisi dnegan kertas roti yang anti lengket pada permukaan dalam loyang.
6. Siapkan kantung plastik segitiga, potong sepanjang 2 cm pada salah sati ujung plastik dan masukkan adonan kue tadi ke dalam plastik.
7. Tekan adonan dalam plastik dan semprotkan di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti tadi dengan diameter adonan sekitar 3 cm. Beri jarak sekitar 4 cm antar adonan tadi dan lakukan hal yang sama hingga dalam loyang telah dibentuk beberapa adonan kue.
8. Panggang kue dalam oven yang bersuhu 150 derajat celcius selama 7 menit hingga matang dan terbentuk semacam "kaki" di kue terseut dan terlihat bagian permukaan agak kering.
9. angkat kue dari loyang dan lepaskan dari kertas roti tadi.
10. untuk membuat olesannya, kita tim coklat putih dan krim tadi dalam wadah yang dipanaskan di atas air mendidih. Aduk coklat purih dan krim hingga tercampur rata, setelah itu angkat dan diamkan dalam lemari es hingga olesan menjadi dingin.
11. Selanjutnya, olesi salah satu sisi kue makaron tadi dengan bahan olesan dan semprotkan dnegan selai blueberry dan segera tutup dengan makaron yang lainnya lagi. Lakukan hal sama untuk keping kue macaron yang telah kita buat tadi.
12. Setelah itu diamkan dahulu selama sekitar setengah jam dan kue macaron pun siap disajikan.

Demikian info tentang resep membuat kue kering Berrylicious Macaron yang renyah ini, selamat mencobanya dirumah dan selamat berkreasi.

Subscribe to receive free email updates: